Ini Argumentasi Beras Solok Paling Jodoh Dengan Kuliner Padang

Posted on

Ini Argumentasi Beras Solok Paling Jodoh Dengan Kuliner PadangIni Alasan Beras Solok Paling Jodoh Dengan Masakan Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Jakarta

Beras Solok asal Sumatera Barat terkenal selaku beras premium. Nasi dari beras Solok terbukti paling sesuai dikonsumsi bareng aneka lauk khas Padang yang banyak berkuah kental.

Berbeda dengan nasi Cianjur yang pulen lembut dan menggumpal, nasi khas Solok punya tekstur pulen tetapi tidak lengket alias terburai. Beras Solok menjadi komoditi kebanggan penduduk di Solok, Sumatera Barat.

Beras Solok tergolong jenis beras long grain dengan bulir yang lonjong memanjang. Setelah dimasak, nasi Solok punya aroma yang harum wangi. Teksturnya pulen tetapi tidak menggumpal dan tidak cepat lembek saat terkena kuliner berkuah.

Nasi Solok paling pas jadi sobat makan aneka kuliner Minang yang identik dengan kuah kental menyerupai gulai. Istimewanya lagi, beras Solok sudah tersertifikasi oleh Kementerian Pertanian selaku beras mutu premium.

Baca juga : Ini Perbedaan Beras Pandan Wangi, Sentra Ramos hingga Solok

Dilansir dari aneka macam sumber, berikut klarifikasi soal ciri dan abjad beras Solok orisinil Sumatera Barat.

1. Ditanam di Kota dan Kabupaten Solok

berasIni Alasan Beras Solok Paling Jodoh Dengan Masakan Padang Foto: shutterstock

Kota dan Kabupaten Solok terkenal dengan berasnya yang istimewa. Terhampar lebih dari 52 ribu hektar sawah padi Solok yang setiap tahunnya menciptakan belasan ton beras. Bibit beras Solok sudah usang dibudidaya dan para petani banyak menegaskan menanam beras Solok alasannya kualitasnya premium dan peminatnya banyak.

Masyarakat di Sumatera Barat condong menggemari beras yang teksturnya padat tetapi lembut tetapi tidak mudah hancur. Beras Solok terbilang ‘kokoh’ alasannya teksturnya tak mudah rusak saat terkena kuah kental dari masakan.

2. Jenis beras Solok

Banyak orang tahu betapa enaknya nasi Solok, namun sesungguhnya beras Solok juga berisikan beberapa jenis. Setidaknya ada 4 varietas beras Solok yang sekarang terkenal dii pasaran yaitu beras Anak Daro, Cisokan, Ceredek Merah dan Padi Kuning.

Dilansir dari Litbang Pertanian Sumbar (14/8) setiap varietas beras Solok ini memiliki abjad sesuai lokasi tanam. Sebut saja umpamanya beras Cisokan cuma sanggup berkembang di sawah dataran tinggi dan tak punya pengaruh terhadap serangan hama. Beras ini bermutu premium tetapi produksinya belum sanggup menyanggupi ajakan pasar.

3. Karakter rasa nasi Solok

A bowl of steamed white rice in a Padang eatery. The cooked rice is served in a big bowl that serves several portion for a group of diners. In the background is Padang side dishes that accompanies the rice.Ini Alasan Beras Solok Paling Jodoh Dengan Masakan Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Helianti Hilman dari Javara mengatakan, beras Solok memiliki aroma yang harum saat sedang dimasak. Nasi yang dihasilkan dari beras ini juga punya tekstur pulen tetapi tidak mudah hancur.

Nasi Solok sungguh pas dikonsumsi dengan kuliner Padang yang identik dengan kuah kental. “Nasi Solok itu unik, ia pulen dan lembut namun tidak lengket, tidak menggumpal. Orang Minang menyebutnya berderai,” ujar Helianti.

Baca juga : 10 Lauk Nasi Padang Enak, Yang Mana Favoritmu?

4. Beras Solok sanggup akta dari pemerintah

Sejak 2018, beras dari Solok memperoleh akreditasi dari pemerintah sentra selaku beras bermutu premium. Sebuah Sertifikat Indikasi Geografis (IG) diberikan oleh Kemenkumham terhadap Bupati Solok. Sertifikat IG bareh Solok atau beras Solok ini diberikan untuk dua varietas yaitu Sokan dan Anak Daro yang merupakan komoditas unggulan.

Dua varietas beras Solok ini memiliki harga di atas rata-rata. Adanya akta ini sekaligus menjadi jaminan jikalau beras yang hingga di tangan masyakarat sudah terjamin kualitasnya. Sertifikat ini juga sekaligus selaku akreditasi jikalau Solok merupakan lumbung padi.

5. Beras Solok digemari penduduk Eropa dan Amerika Serikat

A bowl of steamed white rice in a Padang eatery. The cooked rice is served in a big bowl that serves several portion for a group of diners. In the background is Padang side dishes that accompanies the rice.Ini Alasan Beras Solok Paling Jodoh Dengan Masakan Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008

Beras Solok tergolong beras premium dan harganya dibanderol agak tinggi. Sekilo beras Solok sanggup dibanderol hingga Rp 13 ribu. Kendati demikian, peminat beras Solok masih tetap banyak, bahkan hingga ke luar negeri.

Beras Solok bukan cuma dikejar di Indonesia, beras ini sudah usang diekspor ke Eropa dan Amerika Serikat. Ketika sudah menjamah pasar Eropa, artinya beras ini sudah menyanggupi aneka macam syarat dan penjabaran tertentu.

Beras Solok dari Sariak Alahan Tigo bahkan sudah memperoleh akta Union Control dari Belanda. Dengan ini beras Solok sanggup secara legal dipasarkan di aneka macam negara.

Simak Video “Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Makara Suvenir di Italia
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com