Unik! Ada Besi Bentuk Ikan Yang Bisa Penuhi Keperluan Zat Besi Tubuh

Posted on

Unik! Ada Besi Bentuk Ikan Yang Bisa Penuhi Keperluan Zat Besi TubuhFoto: luckyironfish.com

Jakarta

Dr. Christopher Charles asal Kanada merasa sungguh prihatin dengan kondisi penduduk Kamboja yang kelemahan zat besi. Ia lantas menghasilkan besi bentuk ikan yang dapat dimasukkan ke dalam masakan.

Dilansir dari BBC (24/8) doktor sains ini dikabarkan mendatangi Kamboja sekitar 11 tahun lalu. Ia menerima fakta apabila penduduk Kamboja memiliki duduk kasus kesehatan yang sungguh serius. Rata-rata penduduk Kamboja mengalami anemia parah.

Desa yang dikunjungi Dr. Charles merupakan kawasan provinsi Kandal. Ia berharap berjumpa bawah umur yang pandai dan sarat semangat namun kenyataannya justru berjumpa anak-ana yang lemah dan pertumbuhan otaknya terbilang lambat.

Tak cuma anak-anak, para perempuan dan ibu hamil juga mengalami tanda-tanda yang serupa yaitu lemah dan sering mengeluh sakit kepala. Mulai dari sini, Dr. Charles menyimpulkan apabila penduduk di Kamboja ini kelemahan zat besi.

besi ikanbesi ikan Foto: luckyironfish.com

Baca juga : Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan Ini

Zat besi sendiri gotong royong bisa dipenuhi secara alami melalui banyak sekali asupan makanan. Sumber kuliner menyerupai bayam, kerang, hati, daging merah dan kacang-kacangan merupakan sumber zat besi yang baik.

Namun penduduk Kamboja tidak seluruhnya bisa mengonsumsi kuliner bergizi ini. Solusi untuk menyanggupi zat besi dalam badan merupakan melalui embel-embel tetapi lagi-lagi embel-embel ini bukanlah barang yang dapat dibeli dengan gampang dan murah.

Melihat duduk kasus ini Dr. Charles kesudahannya menghasilkan ‘Lucky Iron Fish’ atau ikan besi. Sesuai dengan namanya, benda ini merupakan pecahan logam yang berupa ikan kecil. Fungsi ikan besi ini merupakan untuk menyanggupi keperluan zat besi yang diinginkan oleh tubuh.

Terinspirasi dari observasi sebelumnya yang menyediakan bahwa mengolah masakan dalam panci besi bisa memajukan kandungan zat besi pada makanan, Dr. Charles menentukan untuk memasukkan sebongkah besi ke dalam masakan. Cara sederhana ini lantas menjadi penyelesaian gampang dan murah semarak bagi masyarakat.

Prof. Imelda Bates, kepala departemen kesehatan penduduk internasional di Liverpool School of Tropical Medicine, menyampaikan ikan besi merupakan inovasi yang disambut baik.

“Pendekatan seperti ini jauh lebih baik ketimbang tablet zat besi, yang sungguh mengerikan. Jika itu sesuatu yang sanggup diterima secara budaya dan tidak terlampau mahal, maka perbaikan untuk anemia akan sungguh bermanfaat,” ujar Prof. Imelda.

Sekitar 2.500 keluarga di Kamboja kini menggunakan ikan besi selaku materi adonan di saat memasak. Perusahaan produsen Lucky Iron Fish, yang diresmikan oleh Gavin Armstrong, sudah mendistribusikan nyaris 9.000 ikan ke tempat tinggal sakit dan organisasi non-pemerintah di negara tersebut.

Yang paling mengasyikkan Dr. Charles merupakan penduduk di Kamboja bisa mendapatkan dengan baik inovasi ikan besi ini. Besi berupa ikan dengan panjang 7,6 cm dan berat sekitar 200 gram ini perlahan meniadakan duduk kasus anemia di Kamboja.

Seorang perempuan dan putrinya, yang merupakan bab dari percobaan di Provinsi Preah Vihear, menyampaikan terhadap BBC bahwa mereka menggunakan ikan ini selama memasak. “Saya senang, hasil tes darah menyediakan aku mengalami duduk kasus kelemahan zat besi, jadi aku berharap sembuh dan secepatnya sehat,” ujar warga Kamboja.

besi ikanbesi ikan Foto: luckyironfish.com

Baca juga : Selain Bayam, Ini 5 Makanan Enak Sumber Zat Besi Terbaik

Cara menggunakan ikan besi ini cukuplah mudah, Anda tinggal mengolah masakan kuliner berkuah menyerupai sup kemudian tambahkan 2-3 tetes cairan asam menyerupai air lemon atau cuka. Kemudian masukkan ikan besi dan biarkan direbus selama 10 menit kemudian angkat ikan besi dan secepatnya basuh sampai bersih.

Cara ini sungguh simpel, warga bahkan bisa menambahkannya pada banyak sekali jenis kuliner tanpa mengganti rasa ataupun tekstur masakan. Ikan besi ini bisa digunakan terus menerus selama 5 tahun atau sekitar 1.800 kali proses pemasakan.

Kini bukan cuma warga Kamboja saja yang mengandalkan ikan besi ini selaku alat untuk memadai zat besi dalam tubuh. Lucky Iron Fish kini sudah dijual secara komersil dan banyak digunakan oleh penduduk di banyak sekali negara.

Simak Video “Bikin Laper: Aneka Olahan Bebek Pedas di Jakarta Selatan
[Gambas:Video 20detik]

Sumber detik.com